Demografi Dalam Lingkungan Makro

Demografi Dalam Lingkungan Makro

Definisi dan Pengertian Demografi
Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian dan migrasi. Demografi meliputi studi ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana faktor faktor ini berubah dari waktu kewaktu.
Dunia, yang meliputi perubahan dari variabel demografi bagi para perumus kebijakan ekonomi pada tingkat makro Tabel Pengaruh Lingkungan Bisnis International Setelah 1970. pengaruh dan dampak faktor-faktor lingkungan eksternal perusahaan yang bersifat makro. Demografi, Sosial dan nasional, khususnya perkembangan perekonomian makro dan pengaruh ke tidak pastian lingkungan terhadap kinerja manajerial dengan eksternal terdiri dari lingkungan makro dan lingkungan perubahan selera pasar, perubahan demografi, kondisi perekonomian nasional, khususnya perkembangan perekonomian makro dalam menilai pengaruh lingkungan bisnis apa yang paling terpengaruh oleh lingkungan demografi .
Pengaruh buruk dampak lingkungan eksternal kadang-kadang bersifat kondisi perekonomian nasional, khususnya perkembangan perekonomian makro dan berbagai kebijakan pemerintah. Pengaruh buruk dampak lingkungan eksternal kadang-kadang bersifat target agregat ekonomi makro. Sedangkan faktor lingkungan non-ekonomi merupakan peristiwa .merupakan salah satu faktor lingkungan makro yang mempengaruhi kinerja judul”Pengaruh Lingkungan Bisnis Eksternal dan Perencanaan Strategik .1. Menganalisis pengaruh tingkat pertimbangan manajemen dalam dituntut untuk menganalisis : lingkungan pemasaran makro (ekonomi, teknologi, sosial)

“SOLUSI DARI DAMPAK DEMOGRAFI”

Para pemasar sangat tertarik dengan ukuran dan tingkat pertumbuhan populasi dalam kota, wilayah, dan negara yang berbeda; distribusi umur dan distribusi etnis; tingkat pendidikan; pola rumah tangga; serta karakteristik dan gerakan regional
Pertumbuhan Populasi Dunia yang Meledak
Peledakan populasi dunia telah menjadi perhatian utama pemerintah dan berbagai perkumpulan diseluruh dunia. Dua faktor mendasari perhatian ini. Yang pertama adalah keterbatasan sumber daya bumi untuk mendukung kehidupan dunia yang sedemikian besar., terutama pada standar kehidupan yang mewakili aspirasi kebanyakan orang. Penyebab kedua perhatian ini adalah bahwa pertumbuhan populasi yang tertinggi ada di negara-negara dan masyarakat yang paling tidak mampu menghadapinya.
Distribusi Umur Populasi Menentukan Kebutuhan
Populasi negara-negara berbeda dalam distribusi usianya. Suatu populasi dapat dikelompokan menjadi 6 kelompok umur : pra-sekolah; anak usia sekolah; remaja; pemuda berusia 25-40 tahun; penduduk usia menengah antara 40-64 tahun; dan penduduk tua berusia 65 tahun ke atas. Bagi pemasar, ini memberikan tanda-tanda mengenai jenis-jenis produk dan jasa yang akan mempunyai permintaan tinggi untuk beberapa tahun berikutnya.
Pasar Etnis
Negara-negara berbeda dalam etnis dan ras. Jepang berada pada satu ekstrim dimana hampir setiap orang adalah bangsa Jepang, dan Amerika Serikat pada ektrim yang lain terdiri dari penduduk dari hampir semua bangsa. Populasi bangsa asia juga berkembang, orang Cina merupakan kelompok yang terbesar, diikuti oleh orang Filifina, Jepang, India, Korea. Konsumen-konsumen Hispanis dan Asia terkonsentrasi di wilayah Amerika bagian paling Barat dan selatan.
Walaupun terdapat bebrapa penyebaran terjadi. Setiap kelompok populasi memiliki keinginan dan kebiasaan belanja tertentu. Beberapa perusahaan makanan, pakaian dan perabot telah mengarahkan produk dan promosi mereka kepada satu atau lebih kelompok tersebut.
Kelompok Pendidikan
Manusia semakin menyadari bahwa kekayaan tertinggi suatu bangsa bukan terletak pada sumber daya alam tetapi pada sumber daya manusianya. Orang-orang dengan pendidikan rendah memiliki sedikit kesempatan kerja selain pekerjaan yang bersifat manual atau domestik. Negara-negara yang berkeinginan menjadi kompetitor kelas dunia harus berinvestasi dalam penyediaan pendidikan dan pelatihan kerja dunia kepada penduduk mereka.
Pola Rumah tangga
Setiap kelompok memiliki serangkaian kebutuhan dan kebiasaan berbelanja yang berbeda.
Pergeseran Geografis dalam Populasi
Tahun 1990-an adalah periode dengan pergerakan imigrasi yang besar antar negara dan dalam negara. Pergerakan populasi juga terjadi pada waktu-waktu biasa yaitu pada saat orang-orang berpindah dari desa kekota dan kemudian ke daerah pinggiran kota. Tempat tinggal penduduk menimbulkan perbedaan dalam preferensi barang dan jasa mereka.
Pergeseran dari Pasar Masal ke Pasar Mikro
Pengaruh dari semua perubahan ini adalah memecahkan pasar massal menjadi sejumlah pasar mikro, berdasarkan umur, jenis kelamin, latar belakang etnis, pendidikan, geografi, gaya hidup dan sebagainya. Setiap kelompok memiliki preferensi dan karakteristik konsumen yang kuat serta didekati melalui saluran komunikasi dan distribusi yang semakin diarahkan.

Sumber :

http://igit.wordpress.com/2007/05/05/menganalisis-lingkungan-pemasaran/

http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/04/pengertian-demografi.html

http://www.ustrend.info/2010/09/info-pengaruh-lingkungan-makro-khususnya-demografi.html

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: